Definisi murah kali ini diterjemahkan pada mobil dengan banderol di bawah 5 lakh atau setara Rp 96,54 juta per unit. Nah, tahun ini (2014) konsumen di India akan semakin bingung memilih, mobil murah mana yang paling tepat untuk kebutuhannya, karena semakin banyak pilihan. Mau tahu model terbarunya apa saja, simak urutan berikut ini!
1. Bajaj RE 60 (1,25 - 2,50 lakh/Rp 24,2 juta - Rp 46,6 juta)
Bajaj Auto menyebutnya sebagai produk "ultra murah" yang ada di pasar. Produsen lokal tersebut bahkan menjuluki kendaraan ini bukan sebagai mobil, tetapi sepeda motor roda empat (Quadricycle). Meski julukannya unik, tetap saja dimensinya mirip dengan mobil subkompak 4-penumpang. Rencana diluncurkan pertengahan 2014, ditargetkan terjual di pedesaan dan kota kecil.
2. Datsun GO (3,5 - 4,5 lakh/ Rp 67,7 juta - Rp 87,1 juta)
Kehadirannya dinantikan konsumen di India, juga Indonesia. Masuk ke segmen mobil murah, Datsun berupaya kembali dalam bisnis otomotif dunia. Rencana peluncuran Maret 2014 dan versi produksi massal bakal tampil di Delhi Auto Expo, bulan depan (Februari 2014).
3. Volkswagen Up! (4 - 6 lakh / Rp 77,4 juta - Rp 116,2 juta
Produsen mobil terbesar Eropa, Volkswagen, tak mau ketinggalan mencoba peruntungan masuk ke segmen mobil murah di India dengan andalan Up!. Dibekali mesin 1.0 liter bensin bertenaga 60 PS atau 75 PS dengan konfigurasi berbeda. Juga disediakan mesin diesel, tapi belum ada bocoran. Salah satu kelebihannya, menawarkan sistem transmisi otomatis yang belum banyak diadopsi mobil kompak di India. Siap diluncurkan pertengahan tahun ini, mengisi segmen yang sama dengan Datsun Go.
4. Skoda Citigo (3,7 - 5,7 lakh / Rp 72,5 juta - Rp 111,2 juta)
Merupakan produk kedua dari Grup VW, pengembangan insiyur dari paltform dasar Up!. Interior lebih sederhana begitu pula dengan kelengkapannya, tapi menawarkan desain eksterior yang cantik. Mesin sama seperti Up!, menjadi bagian strategi VW untuk menyerbu masuk ke segmen mobil paling gemuk di India, melalui beberapa merek sekaligus.
5. Maruti-Suzuki Cervo (2 -3,5 lakh / Rp 39,01 juta - Rp 67,9 juta)
Cervo merupakan model termurah Suzuki di India, di posisikan mengisi ceruk di bawah Alto 800. Perbedaannya, menawarkan desain lebih tinggi "tallboy" sehingga konsumen punya opsi pilihan di pasar. Soal kelengkapan teknis, seperti mesin, suspensi, dan lainnya, sama dengan milik Alto 800. Juga tersedia pilihan mesin berbahan bakar gas natural kompresi (CNG).
6. Maruti-Suzuki A-Star facelift (3,5 - 5,5 lakh / Rp 67,9 juta - Rp 107,05 juta)
Maruti akan terus berupaya sekuat tenaga mempertahankan tahtanya sebagai merek terlaris di India. Kali ini menawarkan A-Star facelift yang sudah lebih dulu diluncurkan di China, tahun lalu. Desain lebih segar, dibekali mesin K10 tersedia dalam opsi bensin maupun gas.
7. Maruti-Suzuki Wagon R / Stingray Diesel (3,25 - 4,75 lakh / Rp 62,9 juta - Rp 91,9 juta)
Bertahun-tahun mengandalkan Wagon R sebagai salah satu model terlaris di India. Masalahnya, saat ini hanya tersedia dalam pilihan mesin bensin atau bahan bakar gas. Kini, Maruti mau menambah satu opsi mesin diesel yang diposisikan sebagai model paling ekonomis. Dibekali mesin 1.3 liter DDiS menghasilkan tenaga 75 PS, rencana diluncurkan awal 2014. Jika harganya tepat, bisa saja penjualan Wagon R melesat, menggeser posisi Alto sebagai mobil terlaris di India.
8. Tata Nano "Update" dan Diesel (1,5 - 2,75 lakh / Rp 29,04 juta - Rp 53,2 juta)
Tata Nano bisa dibilang suksesor pertama yang melahirkan segmen ini di dunia, dan berhasil membuat semua mata dunia terbuka. Tahun lalu, Nano mendapat penyegaran minor, sudah diluncurkan dan tahun ini akan ada tambahan kelengkapan power steering, pertengahan 2014. Selain itu, Tata juga siap melepas Nano diesel dan bensin turbo baru. Varian baru ini kabarnya baru mau diluncurkan akhir 2014.
9. Chevrolet Beat Facelift (3,75 - 5 lakh / Rp 72,5 juta - Rp 96,7 juta)
Mengandalkan pamor film The Transformer yang hit di cinema dunia. Kali ini, penyegaran dilakukan dengan desain eksterior baru, lebih sporty. Ditawarkan dalam dua pilihan mesin, bensin dan diesel, diharapkan meluncur awal tahun 2014.
10. Kia Picanto (4 - 5,5 lakh / Rp 77,4 juga - Rp 106,5 juta)
Subkompak ini diciptakan dari sepupunya, Hyundai i10. Termasuk mesin, kelengapan, karakter, semua sama. Bedanya ada pada desain eksterior dan interior. Dari segi segmen, Picanto akan sedikit lebih mahal ketimbang i10. Baik Picanto maupun i10 merupakan model global, keduanya sudah meraih banyak sukses di beberapa negara, dan siap menyambangi India, akhir tahun ini.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Perang Mobil Murah Memanas di India di blog Beatles Ringtone 188 jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.